Jakarta – 

Setelah merilis perangkat premium flagshipnya, Samsung menyodorkan handphone (HP) yang sangat menarik. Perangkat yang dimaksud adalah Galaxy M51.

HP ini membawa baterai 7.000 mAh, spesifikasi lainnya pun tidak kaleng-kaleng. Dan semua itu bisa ditebus dengan harga yang tidak membuat kantong bolong.

Desain

Saat mendengar kalau baterai Galaxy M51 berkapasitas 7.000 mAh, sudah membayangkan sebuah HP berukuran tebal dan berat. Tapi ketika melihat dan menggenggamnya secara langsung malah tidak percaya.

Dimensinya seperti kebanyakan ponsel pada umumnya. Memang agak sedikit tebal, yakni 9,5 mm. Namun tidak begitu gemuk mengingat daya tampung begitu besar dan terasa ringkas di tangan.

Sedikit perbandingan Galaxy M31s yang membawa baterai 6.000 mAh, hanya selisih 0,2 mm. Atau Galaxy A31 membawa baterai 5.000 mAh punya bodi dengan ketebalan 86 mm.

Bobotnya HP ini 213 gram, ketika digenggam tidak begitu berat di tangan. Bahkan tetap nyaman dipegang dengan satu tangan dalam durasi yang lama.

Secara tampilan, Galaxy M51 ini masih mengadopsi desain khas ponsel Samsung. Di bagian atas layarnya terdapat punch hole yang dinamakan Infinity O Display.

Body belakangnya mengusung material glasstic dan rangka plastik dengan finishing mengkilap. Tidak terasa licin saat digenggam, hanya saja mudah meninggalkan noda sidik jari.

Agar lebih nyaman memang baiknya memasang casing yang harus kamu beli sendiri. Sebab dalam paket penjualannya Samsung tidak memberikan bonus case silicon transparan.

Samsung menempatkan semua tombol di sisi kanan. Ada pengaturan volume dan tombol power yang menyatu dengan sensor sidik jari. Sensor sidik jari sendiri gampang dijangkau dan cepat dalam memindai.

Bagian kiri terdapat slot dual nano SIM card dan microSD yang mendukung hingga 512 GB. Sementara di bagian bawahnya terdapat jack audio 3,5 mm, USB Type C, speaker dan mikrofon.

Layar

Galaxy M51 hadir dengan layar Super AMOLED Plus 6,7 inci dengan resolusi 1080 × 2400 pixel, kerapatan 392 ppi, dan aspek rasio 20:9. Layar terlihat cerah dan punya reproduksi warna yang baik.

Karenanya asik untuk menonton YouTubeNetflix maupun Disney+ Hotstar. Ketika digunakan di bawah sinar matahari, keterbacaannya sangat baik.

Lantaran mengusung panel AMOLED Plus, konsumsi dayanya konon lebih hemat. Mungkin akan ada yang mengeluhkan soal refresh rate yang masih 60Hz, tapi HP ini memang tidak menjual layar melainkan baterainya yang besar.

Mirip dengan ponsel Samsung lainnya, ada filter cahaya biru yang dikatakan dapat mengurangi ketegangan mata. Pengguna dapat mengatur jadwal aktifnya. Tidak ketinggalan ada mode gelap untuk memberikan kenyamanan mata.

Kamera

Kamera

Samsung menyematkan empat kamera yang ditempatkan pada modul di sudut kiri atas bagian belakang. Kamera utamanya berukuran 64 MP dengan sensor IMX682. Ditemani kamera ultra wide 12 MP, makro 5 MP dan depth 5 MP.

Sementara kamera bagian depannya berukuran 32 MP dengan sensor Sony IMX616. Beragam fitur diberikan Samsung untuk memaksimalkan kemampuan fotografi Galaxy M51, salah satunya Single Take yang mengambil foto dan video secara bersamaan sehingga tidak melewatkan momen.

Kamera belakang menghasilkan gambar yang cerah dan tajam. Hasil jepretan pun menampilkan detail yang cukup baik.

Sementara mode ultra wide menangkap area yang cukup luas dan tidak menyebabkan masalah perubahan warna. Sementara lensa makro menangkap beberapa bidikan jarak dekat dengan hasil memuaskan. Mode Live Focus berfungsi dengan baik dan menciptakan efek bokeh yang baik.

Kamera depannya juga menangkap gambar dengan baik. Namun hasil jepretan terlalu diperhalus ketika di kondisi pencahayaan yang menantang dan di dalam ruangan. Jika di cahaya alami, selfie terlihat bagus dan detail.

Berikut ini hasil kamera Galaxy M51

Performa dan Baterai

Performa

Snapdragon 730G SoC adalah jantung dari Galaxy M51, berdetak dengan sokongan 8 GB RAM dan ROM 128GB. Dalam penggunaan harian, ponsel ini menangani semuanya mulai dari multitasking berat hingga bermain game Call of Duty Mobile dengan mudah.

Menguatkan itu, kami mengujinya dengan sejumlah aplikasi benchmark dan membandingkan dengan ponsel dengan harga yang tidak terpaut jauh. Berikut hasilnya:

Antutu

Samsung Galaxy M51 (Snapdragon 730G) 257.397
Realme 7 Pro (Snapdragon 720G) 287.927
Reno4 (Snapdragon 720G) 281.362
Poco X3 Pro NFC (Snapdragon 732G) 283.171

GeekBench

Samsung Galaxy M51 529 (single core) dan 1571 (multi core)
Realme 7 Pro mendapat 571 (single core) dan 1692 (multi core)
Reno4 meriah 570 (single core) dan 1780 (multi core)
Poco X3 NFC meraih 568 (single core) dam 1804 (multi core)

Kami sempat menguji Galaxy M51 dengan PC Mark, HP ini mendapatkan 7903. Sementara hasil 3D Mark Wild Life mendapatkan skor 735.

Baterai

Dengan kapasitas 7.000mAh, jujur kami kesulitan menghabiskan baterai Galaxy M51. Dengan penggunaan berat, HP bertahan hingga 2 hari. Sementara penggunaan standar, tembus tiga hari.

Dalam peringkat One Charge, Samsung Galaxy M51 mencetak 20 jam dan 37 menit. Sementara PC Mark Work 2.0 Battery Life mencapai 26 Jam 19 menit.

Samsung memberikan dukungan pengisian cepat 25W. Butuh waktu 50 menit untuk mengisi 50% baterai. Sementara untuk bisa penuh butuh 1 jam 50 menit.

Karena kapasitasnya yang sangat besar, Galaxy M51 bisa menjadi powerbank untuk perangkat lain.

Secara keseluruhan, Galaxy M51 adalah salah satu ponsel terbaik Samsung yang dirilis tahun ini. Baterai besar tapi bodinya tidak begitu bongsor, masih nyaman digenggam bahkan dengan satu tangan.

Layarnya luas dengan menyuguhkan warna yang menawan. Performanya pun lancar untuk beragam tugas. Dan tentu saja baterainya mampu menyokong aktivitas kamu seharian tanpa harus dipusingkan charger atau powerbank.

Hasil jepretannya pun memuaskan. Samsung pun menyematkan fitur yang berguna, di antaranya ada NFC untuk isi ulang uang elektronik dan Dolby Atmos yang memanjakan telinga saat menikmati konten.

Semua keunggulan tadi, kamu hanya perlu mengeluarkan Rp 5,499 juta. Harga yang sangat menarik mengingat apa yang ditawarkan HP ini

sumber: detiknet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X